3 Kunci Utama Dalam UI/UX Design, Yuk Kita Kenalan Sama UI/UX Design !!!

UI/UX Design sekarang ini merupakan kata yang sudah tidak tabu lagi dikalangan masyarakat. Banyaknya lowongan pekerjaan yang mencari pekerjaan ini. Dan dengan banyaknya permintaan yang ada sekarang ini tentang pekerjaan UI/UX membuat kamu tertarik untuk mempelajari apa sih itu UI/UX Design. Namun untuk awal ini kita mengenal tentang pekerjaan yang ada pada UI/UX Design yaitu ada UI Designer dan UX Designer. walaupun keduanya merupakan satu kesatuan lingkup pekerjaan tetapi keduanya memiliki perbedaan pekerjaan. 

UI Designer atau User Interface merupakan bidang yang memfokuskan kepada aspek visual  yang ditampilkan dan dapat dilihat oleh user itu serta digunakan oleh user tersebut seperti tata letak, tulisan, font , menu ataupun tombol. Dan hal penting yang ada pada UI Designer yaitu mampu membuat tampilan yang mudah digunakan dan dipahami oleh pengguna atau user dan sering disebut dengan User Friendly. Hal yang mencakup didalamnya ada perencanaan flow  untuk user atau pengguna, membuat prototype maupun mockup aplikasi yang akan dibuat yang bertujuan untuk melihat bagaimana aplikasi akan berjalan. Contoh dari UI salah satunya merupakan visual design.

Dan untuk UX Designer atau User Experience merupakan hal yang memfokuskan kepada kepuasan pengguna atau user dan pengalaman yang baik. Hal yang banyak dilakukan oleh UX Designer yaitu mencakup tentang riset pengguna atau user research, mendesain hal penting yang ada dalam user interface, membuat flow aplikasi dan melakukan testing.

3 Kunci Utama Dalam UI/UX Design yaitu:

1. Problem

Problem atau masalah, disini sebagai UX Designer akan mencari suatu masalah yang ditemui dan bukan menghindari masalah. Dengan mencari masalah yang akan muncul maka dengan itu akan membantu pembuatan Flow sistem dan dengan itu akan bisa menghasilkan suatu ide ataupun solusi untuk sistem yang akan dibuat.

2. Solution

Dengan adanya masalah yang akan muncul maka akan ada solusi atau ide untuk memperbaikinya seperti membuat aplikasi yang mudah digunakan oleh pengguna atau user, memiliki tampilan yang menarik dan tidak menyusahkan pengguna atau user.

3. Result

Dan dengan berjalannya proses yang sudah dilalui maka akan mendapatkan sebuah hasil atau output yang mempermudah pengguna atau user dan tidak mempersulit pengguna dalam menggunakan aplikasi yang sudah dibuat.

Nah jika kamu ingin mempelajari bidang UI/UX lebih dalam maka kamu harus terus berlatih dari kedua bidang ini, dengan terus belajar maka kamu akan bisa mendapatkan hasil yang baik yaitu skill di bidang ini. Dan jangan lupa terus update informasi-informasi terkait bidang UI/UX buat kamu nggak ketinggalan informasi. 

Dan pastinya dalam proses belajar kamu juga harus mencari sumber referensi yang sesuai. Banyak referensi yang bisa ditemui seperti buku, website, Youtube dan lain-lain. Banyak website untuk bisa melihat-lihat referensi di bidang desain, misalnya dribble. Dengan melihat referensi maka bisa mendorong kamu mendapatkan ide.

Untuk mendapatkan relasi atau teman dibidang yang sama , kamu bisa juga bergabung di berbagai komunitas desain seperti bergabung di komunitas desain yang ada di Facebook, Telegram dan lain sebagainya.

Tidak hanya mendapatkan teman-teman baru tetapi kamu juga bisa memanfaatkan forum tersebut untuk bertanya, bertukar pikiran dengan teman-teman yang mendalami bidang yang sama sehingga akan mendapatkan informasi yang berguna dan hal tersebut akan mendorong kamu untuk berkembang dan terus belajar.

Keep learning and do the best !!!