Yuk Kenalan dengan Data Scientist, Profesi kekinian tentang Big Data!

Salah satu profesi yang sedang naik daun baru-baru ini yaitu Data Scientist. Jadi wajar kalo masih ada beberapa dari kita yang belum familiar dengan profesi kekinian ini ya.Penasaran sama profesi Data Scientist itu seperti apa? Data Scientist merupakan salah satu profesi di dunia digital yang berada dalam bidang Interdisipliner dengan fokus pada teknologi informasi. Data Scientist merupakan salah satu profesi di dunia digital yang berada dalam proses analisa data menggunakan berbagai cara dan algoritma untuk menemukan solusi dari suatu permasalahan yang rumit Jadi simpelnya, seorang Data Scientist itu mengumpulkan, mengolah, dan menganalisa data untuk menghasilkan informasi yang berguna dalam pengambilan keputusan suatu organisasi atau badan usaha. 

Hasil analisa tersebut biasanya berjumlah sangat besar, baik terstruktur maupun tidak terstruktur. Jadi di era yang Transformasi Digital saat ini, ilmu data science sangat dibutuhkan, seperti dalam bidang bisnis distribusi, kedokteran, bisnis ritel dan masih banyak lagi bisnis lainnya. Menarik ya? Jadi gimana caranya buat kita-kita yang ingin jadi Data Scientist professional?

Selain kita mengambil jurusan tentang data science atau bidang yang masih berhubungan dengan data yang mempelajari tentang hard skill yang harus kita punya untuk menjadi seorang Data Scientist yaitu seperti Bahasa pemrograman, statistik, dan kemampuan matematika.  Kalo kita gak punya background seperti yang disebutkan diatas bagaimana? Masih bisa ya teman-teman jangan khawatir karena Data Scientist ini bisa dikuasai oleh siapa saja karena hampir semua sektor membutuhkan.Selain hard skill yang bisa kita pelajari, kita juga butuh dukungan soft skill untuk meningkatkan ‘nilai plus’ kita.

Beberapa soft skill yang harus kita miliki sebagai Data Scientist:

1. Komunikasi yang baik

Soft skill ini hampir setiap orang mempelajari ya. Bisa kita asah dengan aktif mengikuti kegiatan/event yang berhubungan langsung dengan orang banyak. Belajar berbicara didepan orang tanpa gugup dengan bahasa yang mudah dipahami oleh semua orang.

Apakah Data Scientist juga harus menguasai komunikasi walaupun Data Scientist hanya bekerja di belakang layar? Iya,karena tidak jarang seorang Data Scientist harus menyampaikan hasil analisanya secara langsung ke divisi-divisi lainnya. Setidaknya apa yang kita sampaikan bisa diterima dengan baik dan mudah dipahami.

2. Detail dalam pengolahan data

Dalam proses analisis data, apalagi data yang tidak sedikit yaa, Seorang Data Scientist harus detail dan teliti dalam melakukan analisisnya dengan berbagai cara untuk mendapatkan solusi.

3. Memiliki intuisi terhadap data dan ketajaman bisnis

Yang dimaksud dengan intuisi itu berarti memahami pola data walaupun belum tampak dan dapat mengetahui keberadaan nilainya di antara berbagai tumpukan data yang belum dijelajahi sehingga lebih efisien untuk melakukan pekerjaan sebagai Data Scientist.Untuk ketajaman bisnis juga sangat membantu seorang Data Scientist dalam membedakan masalah yang perlu diselesaikan agar bisnis dapat berkembang, dan bertahan.

Jadi itulah beberapa skill yang perlu dimiliki oleh seorang Data Scientist. Jika kamu ingin belajar dan lebih memahami tentang Data Science kamu bisa mengikuti WEBINAR TALK SERIES AMIKOM CENTER 2021. Dengan begitu semoga bisa membantu untuk meningkatkan kemampuan, bisa juga untuk saling bertukar ilmu dan informasi terbaru dengan mereka yang juga berpengalaman di bidang yang sama.