4 TIPS AMPUH MENJADI WEB DEVELOPER, KAMU WAJIB TAHU!

Di era sekarang ini merupakan perkembangan bidang digital dan IT sedang sangat berkembang pesat. Begitu juga dengan perkembangan yang sangat pesat di lowongan pekerjaan yang berkaitan dengan IT. Semakin dibutuhkan oleh banyak orang pekerjaan IT ini. Apa saja sih yang termasuk dalam bidang IT? Banyak sekali bidang yang termasuk dalam bidang IT ini, salah satunya yaitu Web Developer. Ada yang belum tau apa itu Web Developer? Yuk coba kita liat penjelasan apa sih Web Developer.

Web Developer merupakan seseorang yang membuat program dan aplikasi world wide web, seseorang yang membuat website dari nol, membuat semua fitur yang ada dan mengembangkan semua yang terkait dari website tersebut mulai dari layouting, fitur dan fungsi itu sendiri dari website tersebut. Atau dengan kata lain Web Developer merupakan seseorang yang bertanggung jawab  untuk membuat dan mengelola website. Tidak hanya sampai sini, Web Developer ini juga bisa dibilang luas. 

Web Developer sendiri kita akan menemukan 3 pekerjaan yang berkaitan dengan Web Developer yaitu Back-end Developer, Front-end Developer dan Full-stack Developer.

Front-end Developer merupakan mengelola semua tampilan bagian dari bagian depan website yang bisa dilihat oleh user, semua elemen dari layouting, interface, dan lain sebagainya. Semua akan diatur oleh Front-end Developer dari user interface dan user experience.

Back-end Developer merupakan seseorang yang mengatur perihal server, aplikasi dan database. Back-end Developer bertanggung jawab untuk membangun keperluan teknis dan solusi paling efektif dan efisien yang digunakan untuk sebuah website.

Full-stack Developer merupakan seseorang yang bisa bekerja secara fungsional terkait Front-end ataupun Back-end. Atau bisa dikatakan Full-stack Developer yaitu bisa mengerjakan semua komponen yang ada pada Front-end dan Back-end secara individual.

Tertarik untuk bisa menjadi Web Developer? Tapi masih bingung hal apa saja yang membuat kamu menjadi Web Developer? Nah disini ada Tips untuk menjadi Web Developer.

4 Tips untuk menjadi Web Developer:

Belajar dan kuasai keahlian yang dibutuhkan
Keahlian dan keterampilan merupakan hal yang terpenting untuk menjalankan tugas untuk menjadi Web Developer. Keterampilan teknis seorang Web Developer harus memahami beberapa bahasa pemrograman seperti Javascript, CSS, HTML, dan juga mempelajari dasar-dasar dari SEO (Search Engine Optimisation). Dan tidak hanya masalah teknis yang harus dimiliki tetapi keahlian komunikasi dan harus mengikuti perkembangan teknologi yang sedang berjalan.

Membuat Portofolio
Setelah menguasai keterampilan teknis yang dimiliki maka selanjutnya yaitu mengimplementasikan keterampilan tersebut kedalam sebuah website. Untuk permulaan maka buatlah website peribadi untuk pengenalan kepada orang lain atau dengan kata lain membuat portfolio untuk dikenal oleh orang lain atau promosikan diri kalian masing-masing.

Menjadi Freelancer
Untuk menjadi seorang Web Developer itu tidak hanya bekerja untuk perusahaan besar tertentu saja tetapi bisa menjadi seorang pekerja lepas untuk mendapatkan sebuah projek dari banyak perusahaan. Banyak keuntungan jika menjadi freelancer, beberapa keuntungan tersebut yaitu ada kita mendapatkan portofolio yang dibayar oleh client, dapat belajar dari berbagai perusahaan, dan lain sebagainya.

Membangun Relasi
Ketika sudah membangun portofolio yang sesuai maka kita dapat membangun relasi kepada orang-orang yang berkaitan pada bidang Web Developer. Dengan bergabung dengan komunitas, freelance maka akan terjalin relasi dibarengi dengan pengembangan pengetahuan dan pengembangan proyek.

Keep learning and do the best !!!